Jumat, 07 Juni 2013

Kuliner Solo

hay-hay temen-temen yang lagi pada siap-siap buat jum'atan ...
siang ini aku pengen share tentang beberapa kuliner di Solo, dari yang memang khas nya Solo dampe yang paling hitz menerut ku.

1. Nasi liwes (Sego liwet)
isinya, nasi gurih (nasi uduk), pake suwiran ayam, pake sayur labu siem,pake telor item, ada santen kentel sama cuilan tahu, tapi tetep gag pake sambel, biasanya bagi yang suka pedes dikasih cabe rawit rebus. Untuk lauknya bisa tambah sendiri, bisa cakar, paha, tahu dan tempe bacem, atau telor. Biasanya nasi liwet di pincuk (pake daun pisang), nasi liwet di Solo kalo malem hari banyak betebaran dipinggir jalan Slamet Riyadi, kisaran harga dari 6000 sampe 12000.


2. Cabuk rambak
Sebenernya aku gag seberapa suka sama makanan yang astu ini, udah berkali-kali nyoba makan ditempat yang berbeda tapi tetep aja belum nemuin yang pas di lidah. Tapi temen-temen ku yangasli Solo suka banget sama makanan ini, dan kata mereka rasanya sip markusip. Cabuk rambak itu isinya irisan ketupat, dikasih bumbu diatasnya, trus sebagai pelengkap dikasih rambak atau kerupuk nasi, sama kaya nasi liwet, cabuk rambak juga di pincuk daun pisang untuk menyajikannya.harganya murah banget cuma 2000 rupiah aja. bisa didapet di acara night market di Solo setiap malem minggu.


3.Selat solo
untuk yang satu ini yumi banget. Jangan salah yaa ini selat bukan salad, selat solo ini isinya rebusan wortel, rebusan buncis, kentang goreng, keripik kentang, selada, acar, telor coklat, tomat segar, ada mayonaise solo dan bola-bola daging cincang trus dikasih kuah coklat gtu dan aku gag tau dari apa buatnya tapi yang jelas rasanya sip maskusip. selat solo yang enak dan harga standar ada di Viens Solo. lokasinya deket pasar nongko, kalo kalian dari stasiun balapan bisa minta anter langsung aja sama babang becak atau taxi, karena gag terlalu jauh dari stasiun balapan, harga 1 porsi selat Solo di Viens 8500. (jalan Hasanuddin no.99 D&E Banjarsari, Solo).


4. Srabi Solo
Disolo ada makanan khas yaitu srabi solo beda dengan seurabi bandung dan serabi semarang. terbuat dari tepung beras dan santan, yang kemudian dikasih toping sesuai dengan pilihan pembeli, ada toping keju, coklat. messis, pisang, atau yang polos juga boleh. yang paling sip markusip dan terkenal seantero Solo yaa srabi notosuman, yang ada dikomplek notosuman (jalan moh. Yamin no.49). harganya per buah 2000 rupiah aja. 

 5. Sate kere
kere dalam bahasa jawa adalah miskin/gag punya. nah kenapa sate ini dinamain sate kere karena harganya yang murah banget, yaitu 500 rupiah per tusuk. sate ini juga biasa di bilang sate gembus, karena bahan dasarnya yaitu dari gembus. gembus itu ampas tahu klo orang sunda bilangnya oncom. tekstur gembus hampir mirip dengan oncom. penyajiannya sama dengan sate asam atau sate kambing biasanya, ditusuk dibakar dan dikasih bumbu kacang, jangan lupa kecap nya :D biasanya sate ini dijual di tukang sate dorongan yang biasanya mangkal di Ngarsopuro (Pasar Barang Antik Solo).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar